5 Metode Money Management untuk Binary Options

Money management memiliki peran yang penting dalam trading. Bahkan kemampuan seseorang untuk mengatur keuangan akan menentukan sukses tidaknya Anda dalam trading. Namun, untuk melakukan money trading tidaklah mudah.

Setidaknya terdapat 3 jenis strategi berdasarkan pada resikonya yaitu low risk, medium risk dan high risk. Namun, seringan apapun resikonya, Anda tetap harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Jika tidak, maka Anda harus bersiap mendapatkan kerugiannya.

Untuk mengatur keuangan saat trading binary option, setidaknya terdapat 5 metode yang bisa Anda aplikasikan seperti berikut ini:

Jumlah Trading Profit dan Loss

Jenis metode ini adalah memperhitungkan batasan dalam jumlah trading yang menghasilkan keuntungan atau kerugian untuk suatu periode. Metode ini berfungsi agar Anda tidak melakukan overtrade, terutama ketika Anda sudah untung beberapa kali dalam suatu waktu. Selain itu, metode money management ini juga membantu Anda untuk meminimalisir resiko kerugian yang ada.

Jika berdasarkan pada tingkat kerugiannya, Anda bisa mempertimbangkan hal berikut ini:

  • Low risk: berhenti setelah 10x profit atau 4x loss.
  • Medium risk: berhenti setelah 30x profit atau 10x loss.
  • High risk: berhenti setelah lebih dari 100x profit dan 30x loss.

Persentase Kerugian

Metode keuangan ini dilakukan berdasarkan pada kerugian saat trading. Tujuannya adalah agar Anda tidak mendapatkan kerugian di atas kemampuan Anda atau diluar hal yang bisa ANda tanggung. Persentase kerugian ini harus disesuaikan dengan kemampuan trading dan juga resiko yang dapat ditanggung. Jika Anda memilih strategi berdasarkan pada resikonya, berhenti pada kerugian 8% (low risk), 15% (medium risk), 25% (high Risk)

Banyaknya Jumlah Profit dan Loss

Metode ini hampir sama seperti metode yang pertama namun yang membedakan adalah batasan trading sesuai dengan besaran profit dan loss yang dicapai. Secara umum, aturan baku risk/reward adalah 1:2 namun, Anda bisa mengatur keuangan Anda tersebut sesuai dengan kemampuan Anda.

Saran perhitungan untuk berhenti sesuai dengan jumlah profit dan loss yaitu:

  • Low risk: berhenti jika profit sebesar $ 50 dan loss $25.
  • Medium risk: berhenti setelah mendapatkan jumlah profit $150 dan loss $50.
  • High risk: berhenti saat mendapatkan kerugian sebesar $100 dan tidak ada batasan untuk keuntungan yang ingin Anda peroleh.

Jumlah Trading yang Dilakukan

Metode ini menerapkan hitungan maksimal atas trading yang sudah Anda lakukan sebelumnya dan tanpa melihat pada hasilnya. Jadi, gagal atau untung, Anda tetap bisa berhenti setelah memenuhi batas maksimal yang Anda sendiri sudah tetapkan. Namun, sebaiknya berhenti setelah 10x pembukaan option untuk low risk, 50x untuk medium risk dan tidak ada batasan untuk high risk. Maksudnya adalah Anda bisa menentukan sendiri sesuai dengan situasi dan kondisi serta kemauan Anda.

Rasio Kemenangan

Perhitungan untuk mengelola keuangan ini dilakukan dengan membandingkan antara jumlah option yang berhasil dilakukan dengan frekuensi option out of the money atau kerugian. Jadi, banyaknya profit dan loss yang diterima akan sangat berpengaruh. Disarankan untuk berhenti jika rasio kemenangan Anda kurang dari 80% (low risk), 75% (medium risk), 65% (high Risk).

Itulah metode untuk money management yang bisa Anda lakukan. Namun selain menggunakan 5 metode tersebut, Anda juga bisa menggunakan metode yang sesuai dengan gaya atau cara Anda sendiri. Jangan lupa pelajari juga beberapa kesalahan trading binary pemula yang harus dihindarikesalahan trading binary pemula yang harus dihindari terkait money management.
Dengan begitu, kondisi keuangan Anda untuk trading dapat terkontrol dengan baik dan meminimalisir kerugian yang diluar beban/kemampuan Anda.

ahmad
ahmad

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *